Akun Resmi PT. Tenang Jaya Sejahtera
Google Plus Facebook Twitter LinkedIn Youtube Skype
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

10 Macam Serta Efek Samping Zat Aditif Makanan

Zat adiktif adalah obat dan bahan-bahan aktif yang apabila dikonsumsi oleh organisme hidup, dapat menyebabkan kerja biologi dan menyebabkan ketergantungan atau kecanduan sulit untuk berhenti dan memiliki efek ingin menggunakannya terus-menerus. Jika Anda berhenti untuk memberi efek lelah nyeri yang luar biasa atau luar biasa. Zat yang tidak diklasifikasikan sebagai narkotika dan psikotropika, tetapi adiktif, antara lain, kopi, rokok, minuman keras, dll.
Aditif makanan atau makanan aditif adalah zat yang ditambahkan dengan sengaja untuk makanan dalam jumlah kecil, dengan tujuan untuk meningkatkan penampilan, rasa, tekstur, rasa dan memperpanjang umur simpan. Selain itu dapat meningkatkan nilai gizi seperti protein, mineral dan vitamin. Penggunaan aditif makanan telah digunakan sejak zaman kuno. Ada dua tambahan makanan, yaitu aditif makanan alami dan buatan atau sintetis.
Aditif makanan adalah zat yang tidak alami bagian dari bahan makanan, namun hadir dalam bahan makanan seperti pengobatan selama pengolahan, penyimpanan atau kemasan.
Tersedia sehingga makanan disajikan dalam lebih menarik, baik rasa, penampilan dan konsistensi serta kemudian sering penambahan aditif makanan sering disebut bahan kimia tambahan tahan lama (aditiva makanan). Kadang-kadang makanan yang tersedia tidak memiliki bentuk yang menarik meskipun kandungan gizi yang tinggi.
Setiap hari kita memerlukan makanan untuk mendapatkan energi (karbohidrat dan lemak) dan untuk pertumbuhan sel-sel bam, menggantikan sel-sel yang rusak (protein). Selain itu, kita juga memerlukan makanan sebagai sumber zat penunjang dan pengatur proses dalam tubuh, yaitu vitamin, mineral, dan air.
Sehat atau tidaknya suatu makanan tidak bergantung pada ukuran, bentuk, warna, kelezatan, aroma, atau kesegarannya, tetapi bergantung pada kandungan zat yang diperlukan oleh tubuh. Suatu makanan dikatakan sehat apabila mengandung satu macam atau lebih zat yang diperlukan oleh tubuh. Setiap hari, kita perlu mengonsumsi makanan yang beragam agar semua jenis zat yang diperlukan oleh tubuh terpenuhi. Hal ini dikarenakan belum tentu satu jenis makanan mengandung semua jenis zat yang diperlukan oleh tubuh setiap hari.
Supaya orang tertarik untuk memakan suatu makanan, seringkali kita perlu menambahkan bahan-bahan tambahan, ke dalam makanan yang kita olah. Bisa kita perkirakan bahwa seseorang tentu tidak akan punya selera untuk , memakan sayur sop yang tidak digarami atau bubur kacang . hijau yang tidak memakai gula.
Aditif makanan dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok tergantung pada peran mereka tertentu, termasuk:

Zat Penguat rasa

Kristal monosodium glutamat digunakan sebagai penambah rasa, Monosodium Glutamate (MSG) sebagai penambah rasa yang umum digunakan makanan buatan dan juga untuk rasa makanan.Adapun enhancer rasa alami termasuk cengkeh, pala, merica, cabai, lengkuas, kunyit, ketumbar. Contoh penguat rasa buatan adalah monosodium glutamat / MSG, asam asetat, benzaldehida, amil asetat.

Zat Pemanis

Pemanis buatan biasanya digunakan untuk membantu mempertajam rasa manis. Beberapa jenis pemanis buatan yang digunakan adalah sakarin, siklamat, dulsin, sorbitol dan aspartam. Pemanis buatan juga dapat mengurangi risiko diabetes, namun siklamat merupakan zat karsinogenik.

Zat Pengawet

Pengawet adalah bahan kimia yang dapat menghambat kerusakan makanan, karena bakteri serangan, ragi, jamur. Reaksi kimia yang sering harus dikendalikan adalah reaksi oksidasi, pencoklatan (browning) dan reaksi enzimatik lainnya. Melestarikan makanan sangat menguntungkan karena produsen dapat menyimpan kelebihan bahan makanan yang tersedia dan dapat digunakan lagi ketika musim ramping tiba. Contoh bahan pengawet adalah natrium benzoat, natrium nitrat, asam sitrat, dan asam sorbat.

Zat Pewarna

Warna dapat meningkatkan dan memberikan daya tarik untuk makanan. Penggunaan pewarna dalam bahan makanan dimulai pada akhir 1800, pewarna tambahan asal alami seperti kunyit, daun pandan, beras ragi merah, daun suji, coklat, wortel, dan karamel. Pewarna sintetik ditemukan oleh William Henry Perkins tahun 1856, adalah pewarna lebih stabil dan tersedia dari berbagai warna.
Pewarna sintetis yang digunakan sejak tahun 1956 dan saat ini ada sekitar 90% zat warna buatan digunakan untuk industri makanan. Salah satu contoh adalah Tartrazin, bahwa pewarna makanan buatan yang memiliki banyak pilihan warna, termasuk Tartrazin Tartrazin CI 19140. Selain itu ada juga pewarna buatan, seperti sunsetyellow FCF (orange), karmoisin (Red), brilian biru FCF (biru) .

Zat Pengental

Pengental yaitu bahan tambahan yang digunakan untuk menstabilkan, memekatkan atau mengentalkan makanan yang dicampurkan dengan air, sehingga membentuk kekentalan tertentu. Contoh pengental adalah pati, gelatin, dan gum (agar, alginat, karagenan).

Zat Pengemulsi

Gom arab sebagai agen pengemulsi, Pengemulsi (emulsifier) adalah zat yang dapat mempertahankan dispersi lemak dalam air dan sebaliknya. Pada mayones bila tidak ada pengemulsi, maka lemak akan terpisah dari airnya. Contoh pengemulsi yaitu lesitin pada kuning telur, Gom arab dan gliserin.

Zat Lain-lain

Selain itu terdapat pula macam-macam bahan tambahan makanan, seperti:
Antioksidan, seperti butil hidroksi anisol (BHA), butil hidroksi toluena (BHT), tokoferol (vitamin E), pengikat logam, pemutih, seperti hidrogen peroksida, oksida klor, benzoil peroksida, Natrium hipoklorit, pengatur keasaman, seperti aluminium amonium sulfat, kalium sulfat, natrium sulfat, asam laktat, zat gizi, anti gumpal, seperti aluminium silikat, kalsium silikat, magnesium karbonat, magnesium oksida.

Efek samping

Aditif juga bisa membuat penyakit jika tidak digunakan sebagai resep, terutama buatan atau sintetis aditif. Penyakit yang biasa timbul dalam jangka panjang setelah menggunakan aditif adalah kanker, kerusakan ginjal, dan others.Thus pemerintah mengatur penggunaan aditif makanan dan juga melarang keras penggunaan aditif makanan tertentu jika dapat menimbulkan masalah kesehatan yang berbahaya. Pemerintah juga melakukan penelitian untuk menemukan aditif makanan yang aman dan murah.

Undang-undang

Menurut undang-undang RI No 7 Tahun 1996 tentang Pangan, pada Bab II mengenai Keamanan Pangan, pasal 10 tentang Bahan Tambahan Pangan dicantumkan :
  • Setiap orang yang memproduksi pangan untuk diedarkan dilarang menggunakan bahan apa pun sebagai bahan tambahan pangan yang dinyatakan terlarang atau melampau ambang batas maksimal yang telah ditetapkan.
  • Pemerintah menetapkan lebih lanjut bahan yang dilarang dan atau dapat digunakan sebagai bahan tambahan pangan dalam kegiatan atau proses produksi pangan serta ambang batas maksimal sebagaimana dimaksud pada ayat 1.
Sebagian isi di kutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Aditif_makanan

 
:: PT. TENANG JAYA SEJAHTERA (TJS) ::
Alamat Kantor
Telepon Kantor
Fax Kantor
Email Kantor
Komunitas
:: ALAMAT PABRIK :: :: TELEPON KANTOR :: :: FAX KANTOR :: :: EMAIL KANTOR :: :: KOMUNITAS ::
JL. Raya Tarum Barat (TB) KM. 6-7
Kutamekar Ciampel Karawang
+62 267 4741131 +62 267 4741132 tjs.company@mail.com Google Groups
Facebook Groups
Hubungi Kami - Peraturan dan Perijinan - Karier (Lowongan Kerja) - CSR - Iklan - Kirim Masukan